Jumat, 29 Maret 2013

Memperkeren Komentar Blog



Apabila mencermati model kolom kotak komentar pada setiap blog yang kita kunjungi, maka tidak jarang kita akan mendapati kolom kotak komentar yang telah dimodifikasi dengan model kustom sehingga tampilannya menjadi lebih menarik bila dibandingkan dengan tampilan kolom kotak komentar yang diberikan oleh Blogger (termasuk kolom kotak komentar yang saya gunakan pada blog ini).
Namun tahukah Anda, bahwasanya kita juga dapat melakukan modifikasi model kolom kotak komentar standar yang diberikan oleh Blogger, sehingga tampilannya tidak kalah menarik apabila dibandingkan dengan model kustom.


Seperti yang kita tahu, bahwasanya selain dengan menggunakan model kustom untuk mempercantik tampilan kolom komentar, selama ini yang sering dilakukan hanyalah sebatas menambahkan scroll untuk kolom komentar sehingga jika jumlah komentar cukup banyak, maka tampilan halaman tidak terlalu panjang. Namun demikian tidak jarang pula pengelola blog yang kurang memperhatikan tampilan kotak komentar (membiarkan apa adanya sesuai dengan desain tampilan yang diberikan oleh Blogger). Padahal dengan hanya menambahkan sedikit kode CSS tertentu ke dalam template, maka desain tampilan kolom kotak komentar akan menjadi lebih menarik (seperti halnya bila kita menggunakan model kustom).


Nah, untuk keperluan ini maka terlebih dulu yang perlu diperhatikan adalah setelan untuk “Pos dan Komentar’ pada blog yang Anda kelola, karena teknik ini hanya dapat diterapkan dalam setelan ‘Tersemat’. Sehingga jika saat ini Anda belum menggunakan setelan ini untuk ‘Pos dan Komentar’ blog yang Anda kelola, maka ubah terlebih dulu setelanya dengan cara klik menu ‘Setelan’ > ‘Pos dan Komentar’ > kemudian pada pilihan ‘Lokasi Komentar’ gunakan pilihan ‘Tersemat’, seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.
Lokasi Komentar Tersemat
Sumber gambar: blogger.com
Apabila setelan untuk lokasi komentar telah diubah menjadi ‘Tersemat’, maka langkah berikutnya buka editor template dengan cara mengeklik menu ‘Template’ > ‘Edit HTML’ > ‘Lanjutkan’. Kemudian untuk mempermudah proses, cari kode ]]></b:skin> dan sisipkan kode berikut ini tepat di atasnya.

 .comments { padding: 4px; background: #000000; border: 1px solid #999999; -moz-border-radius: 5px 5px 5px 5px; } .comments-content .comment-thread { padding: 4px; background: #000000; border: 1px solid #cccccc; } .comments .comments-content .comment { margin-bottom: 0px; padding-bottom: 0px; } .comments .comments-content .comment:first-child { padding-top: 0px; } .comments .avatar-image-container { height: 36px; padding-left: 4px; background: #000000; border: 1px solid #cccccc; -moz-border-radius: 3px 3px 3px 3px; } .comments .comment-block { padding-top: 4px; padding-bottom: 8px; padding-left: 4px; padding-right: 4px; background: #000000; border: 1px solid #cccccc; -moz-border-radius: 3px 3px 3px 3px; } .comments .comments-content .inline-thread { border: 1px solid #cccccc; -moz-border-radius: 3px 3px 3px 3px; } .comments .comments-content .comment-replies { margin-left: 48px; } .comments .comment .comment-actions a { margin-right: 4px; padding: 2px; background: #000000; border: 1px solid #cccccc; -moz-border-radius: 3px 3px 3px 3px; } .comments .continue a { padding: 2px; background: #000000; border: 1px solid #cccccc; } .comments .comments-content .datetime { float: right; margin-right: 4px; } .comments .comments-content .icon.blog-author { float: right; margin-right: 3px; } .comment-form { max-width: 100%; width: 100%; }



Setelah kode tersebut disisipkan dalam template, langkah berikutnya simpan template Anda sehingga akhirnya model kolom komentar standar Blogger tampilannya akan berubah menjadi seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.



Kemudian apabila Anda ingin menyesuaikan warna garis dan warna latar yang digunakan pada kolom komentar tersebut dengan desain halaman blog yang Anda kelola, maka Anda tinggal mengganti kode warna yang terdapat pada kode border: dan background:, sebagai contoh misalnya yang terdapat dalam kode border: 1px solid #999999; dan background: #000000;.

Jika anda tidak hafal kode warna dalam html silahkan Klik Di Sini Untuk Melihat Kode Warna HTML


Src: http://eltelu.blogspot.com/2012/07/mempercantik-kolom-kotak-komentar.html#ixzz2OtuooMup

Artikel Terkait:

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

1 komentar: